RANTAI MAKANAN DAN MACAM-MACAM RANTAI MAKANAN

ALIRAN ENERGI DAN DAUR MATERI

     Untuk berlangsungnya suatu organisme memerlukan energi.Di perolehnya suatu energi dari bahan organik.Bahan organik yang mengandung energi di hasilkan oleh organisme autotrof atau tumbuhan hijau dengan cahaya matahari dan karbondioksida (CO2) serta air (H2O) melalui proses fotosintesis.
     Energi yang berasal dari bahan organik disebut energi kimia,energi ini akan mengalami perpindahan dari organisme satu ke organisme yang lain.Proses perpindahan materi dan energi melalui peristiwa makan dan dimakan suatu organisme dengan urutan tertentu disebut rantai makanan.
contoh : tumbuhan dimakan oleh herbivora, herbivora dimakan karnivora (konsumen tingkat I atau konsumen primer), lalu konsumen primer dimakan konsumen tingkat II atau konsumen sekunder), dan konsumen sekunder dimakan oleh konsumen tertier.


     Tiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik.Trofik pertama adalah Tumbuhan Hijau ( organisme autotrof atau produsen ).Organisme autotrof atau produsen yaitu organisme yang dapat membuat bahan organik sendiri dengan bantuan cahaya matahari melalui proses fotosintesis, seperti tumbuhan dan fitoplankton.Benerapa organisme autotrof yang tidak menggunakan energi matahari untuk membuat bahan organik,melainkan dengan zat kimia yang disebut kemoautotrof, misalnya bakteri sulfur, bakteri besi.
Tingkat selanjutnya yang merupakan tingkat trofik kedua yaitu hewan pemakan tumbuhan yang disebut herbivora atau konsumen primer. Untuk tingkat trofik ketiga adalah hewan pemakan konsumen primer yang disebut konsumen sekunder, terdiri dari hewan-hewan karnivora atau pemangsa hewan lainnya. Sedangkan konsumen tersier terdiri dari hewan pemakan konsumen sekunder yang menempati tingkat trofik keempat, dan seterusnya hingga membentuk puncak piramida.

Macam Rantai Makanan
Berdasarkan komponen tingkat trofiknya, rantai makanan ada dua macam yaitu:
  1. Rantai makanan perumput.
    Yaitu rantai makanan dimana tingkat trofik pembentuk rantai makanan terdiri dari produsen atau tumbuhan hijau.
    Misalnya: padi ---? belalang --? katak ---? ular ---? burung elang
  2. Rantai makanan detritus.
    Yaitu rantai makanan dimana tingkat trofik pembentuk rantai makanan terdiri dari detritus. Misalnya : detritus ---> cacing tanah --? burung jalak putih -? burung elang
Detritus adalah fragmen (hancuran) dari organisme (hewan dan tumbuhan) yang mati dan sisa organisme seperti: kotoran hewan, daun, ranting yang gugur yang diuraikan oleh pengurai (dekomposer).
Kemudian yang termasuk Organisme pemakan detritus disebut detritivor, misalnya cacing, rayap, keluwing dan sebagainya.


0 komentar