Pengertian Cuaca dan Iklim,Definisi,dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Cuaca dan Iklim,Definisi dan Unsur-Unsurnya
A.Penjelasan

Cuaca merupakan hal akrab di kehidupan sehari-hari.Anda pasti pernah bertanya-tanya di dalam hati :Apakah hari ini akan turun hujan?Itu merupakan deskripsi cuaca.Cuaca dan Iklim merupakan pengetahuan fenomena yang terjadi di atmosfer Cuaca dan Iklim merupakan hal yang erat di kehidupan makhluk hidup.



Cuaca dan Iklim sangat berpengaruh bagi makhluk hidup.Masih ingatkah kalian banjir yang melanda garut  Rabu (21/9/2016) .Banjir besar yang menewaskan ratusan dan menghancurkan apa saja yang ia lewati.

sumber : bbc.com

Apasih penyebabnya?Penyebabnya memang banyak faktor.berdasarkan pengetahuan cuaca dan iklim sangat berpengaruh ,faktor yang sangat berpengaruh terjadinya banjir tersebut.
Jelasnya  pengetahuan cuaca dan iklim sangat bermanfaat bagi makhluk hidup.
Cuaca dapat di artikan sebagi berikut :
    1.Definisi Cuaca
  • Cuaca adalah kondisi tertentu  dari atmosfer pada tempat dan waktu tertentu,cuaca di ukur berdasarkan beberapa hal seperti Angin,Suhu,Kelembaban,Tekanan Udara,Keawanan dan Curah Hujan.
  • keadaan atmosfer pada suatu tempat dan waktu yang di gambarkan  dengan sejumlah variabel seperti Suhu,Keawanan,Curah hujan,dan angin.
  • kondisi atmosfer pada tempat dan waktu tertentu yang  meliputi suhu,Kecepatan Angin,,Curah Hujan dan Kelembaban.
  • Keadaan atmosfer dalam jangka pendek pada lokasi tertentu
  • Perubahan kondisi atmosfer harian,terutama pergerakan udara
Kondisi diatas sama saja bahwa Cuaca merupakan kondisi atmosfer di suatu tempat dan waktu tertentu.Adapun ilmu yang mempelajari tentang cuaca di sebut Meteorologi. 
Fenomena Meteorologi adalah aktivitas cuaca yang dapat diamati dan dijelaskan dengan ilmu meteorologi. Akivitas tersebut terikat dengan variable yang ada di atmosfer bumi, seperti Temperatur,TekananUdara,Uap Air, dan gradien interaksi setiap variabel serta bagaimana mereka berubah seiring dengan waktu. Perbedaan spasial dipelajari untuk menentukan bagaimana sistem cuaca terbentuk secara lokal, regional, dan global serta dampaknya.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Meteorologi

  2.Definisi Iklim
  • Rerata cuaca,biyasanya ditetapkan pengamatan lebih dari 30 tahun untuk wilayah dan waktu tertentu.
  • Unsur-unsur Cuaca yang meliputi Suhu,Persipitasi,dan angin yang menceritakan keadaan umum  atmosfer dengan jangka waktu yang lama di suatu wilayah pada permukaan bumi.
  • Rerata kondisi meteorologi pada suatu wilayah pada jangka waktu tertentu.
  • Karakteristik dari pola unsur - unsur cuaca di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu.Unsur -unsur cuaca meliputi Suhu , Curah Hujan , Kelembaban Radiasi Matahari,Insolasi, dan Angin.
  • pola rerata cuaca dalam jangka panjang pada suatu wilayah.
Dari definisi diatas kita simpulkan bahwa iklim merupakan penetahuan yang mempelajari tentang pola cuaca yang terjadi di wilayah yang relatuf luas dalam jangka waktu yang sama.Ilmi yang mempelajari iklim di sebut dengan Klimatologi


Perbedan dari definisi Cuaca dan Iklim adalah terletak pada lingkup tempat dan jangka waktu .Jika Cuaca menggambarkan untuk wilayah yang sempit dalam jangka waktu yang singkat sedankan Iklim menggambarkan untuk wilayah yang luas dalam jangka waktu yang lama.

C.Unsur Cuaca dan Iklim

1. Suhu/temperatur
Suhu udara/temperatur udara  di suatu tempat akan berbeda dengan tempat lainnya, karena disebabkan oleh beberapa faktor:
  • lamanya penyinaran matahari ke bumi, adalah intensitas penyinaran matahari di belahan bumi sangat bervariasi tergantung oleh letak lintang.
  • ketinggian suatu tempat, semakin datar suatu tempat atau wilayah maka panas yang diterima akan semakin besar.
  • keadaan awan, Jika di atmosfer banyak terdapat awan maka panas yang diterima bumi akan lebih kecil karena terserap oleh awan.
  • keadaan tumbuhan di permukaan bumi.
  • sudut penyinaran matahari, adalah suatu sudut yang dibentuk oleh sinar matahari pada bidang permukaan di bumi.
Sedangkan alat yang dipakai untuk mengukur suhu udara yaitu thermometer.

2. Tekanan undara
Yaitu suatu gaya yang timbul karena adanya berat dari lapisan udara, besarnya tekanan udara di suatu tempat dapat berubah-rubah. Atau kerapatan massa udara dalam satuan wilayah tertentu. Sedangkan alat untuk mengukur tekanan udara ialah Barometer.

3. Kelembaban udara
Yaitu banyak sedikitnya uap air yang terkandung dalam udara pada saat waktu tertentu. Sedanfkan alat yang digunakan untuk mengukur kelembaban udara disebut dengan Higrometer

4. Angin
Yaitu udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum (tinggi) ke daerah tekanan minimun (rendah). Sedangkan untuk mengukur kecepatan & arah angin digunakan Anemometer dengan menggunakan skala Beaufort.

5. Hujan/Curah hujan
Yaitu intensitas atau jumlah air hujan yang turun pada suatu wilayah dalam waktu tertentu.

sumber: solopos.com


0 komentar