UNSUR-UNSUR CUACA DAN IKLIM

UNSUR CUACA DAN UNSUR IKLIM

    • SUHU UDARA 
    Suhu Udara adalah parameter yang menyatakan kedaan panas atau dinginnya udara.suhu di ukur dengan sekal Celcius ( C ) ,Reamur ( R ) ,Kelvin ( K ) dan Fahrenheit ( F ).
    Suhu permukaan bumi berkisar 150 drajat ( C ).Pada permukaan laut berfariasi suhu paling tinggi 85 drajat ( C ) sampai paling rendah -88 drajat ( C ) suhu paling tinggi terjadi pada siang hari dan suhu terendah pada malam hari.
    Wilayah di samping ekuator memiliki suhu yang relatif stabil,karna wilayah sepanjang ekuator  mendapat panas setiap tahunnya.Suhu terpanas umumnya terjadi pada tanggal 21-22 Juni Belahan bumi Utara.dan Belahan bumi Selatan terjadi pada tanggal 21-22 Desember. 
    Alat ukur Suhu Udara di sebut Termometer.Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur Suhu atu perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa latin thermo yang berarti panas dan meter artinya mengukur.termometer ditemukan pada abad XVI oleh ahli fisika  Galileo namun termometer yang akurat di buat pada abad sesudahnya oleh Daniel Gabriel Fahrenheit.Berbagai perkembangan zaman termometer di kembangkan lagi dengan memakai skala 100 oleh astronom Swedia Anders celcius.
    Berikut Tujuh jenis termometer sebagai berikut :
    1. Termometer air raksa adalah termometer yang sering di gunakan karena dapat mencapai suhu maksimal. Termometer ini berisi caran air raksa yang dapat mendekteksi suhu panas hingga maksimum cara kerja dari termometer ini memuaikan air raksa yang ada di dalamnya sehingga mencapai titik suhu tertentu.
    Termometer Air Raksa
    sumber : aldiyan2321
    2. Termometer alkohol, termometer ini berisikan cairan alkohol sebagai perantaranya. Bisa di bilang sebagai termometer yang cukup akurat karena dapat mendeteksi suhu minimum yang terdapat pada lingkungan. Termometer ini pun tidak berpengaruh pada gravitasi bumi. Cara kerja termometer ini adalah dengan cara meletakkannya pada bidang datar dan jika cairan alkohol di dalamnya bergerak maka menandakan bahwa suhu tersebut turun dan jika suhu tersebut naik cairan yang terdapat pada thermometer ini akan diam.
    Termometer Alkohol 
    sumber : Erfolg Kimia

    3. Termometer klinis, termometer ini sering di gunakan pada kedokteran, cara kerja termometer ini bisa di masukan melalui mulut, ketiak dan bagian-bagian tubuh yang terdapat lekukan. Termometer ini cukup akurat dan efisien.
    Termometer Klinis,
    sumber : Sridianti.com

    4. Termometer inframerah, termometer ini didesain khusus untuk mengukur suhu terpanas dan mengukur benda yang memiliki kecepatan tinggi. Biasanya termometer ini disebut sebagai termometer laser dan termometer ini di gunakan untuk mengukur suhu benda yang tidak boleh di sentuh karena berbahaya.
    Termometer Inframerah
    5. Termometer bimetal mekanik, termometer ini terbuat dari dua logam yang berbeda massanya. Cara kerja termometer ini adalah jika suhu tertinggi terdeteksi maka satu keping logam akan melengkung dan menempel pada logam lainnya dan jika suhu rendah maka kepingan logam akan melengkung kearah sebaliknya. Termometer ini tidak cukup efesien dan jarang di gunakan.
    Termometer Bimetal Mekanik
    6. Termometer maksimum-minimum six bellani, termometer ini adalah termometer gabungan dari cairan alkohol dan air raksa. Termometer ini di temukan oleh six bellani, cara kerja dari termometer ini adalah jika suhu maksimum maka alkohol pada tabung A akan naik dan jika suhu turun maka cairan air raksa di tabung B akan ikut naik dan menekan besi petunjuk ke arah suhu.
    7. Termometer ruang. Termometer ini di buat khusus untuk mengetahui suhu ruang yang sedang terjadi. Biasanya thrmometer ini disandingkan dengan jam atau perangkat lainnya.

     BACA JUGA FAKTOR-FAKTOR VARIASI SUHU
    • TEKANAN UDARA
    • ANGIN
    • KELEMBABAN UDARA 
    • CURAH HUJAN

    0 komentar